Cara Mendeteksi Lokasi Atau Keberadaan Seseorang


Di zaman yang serba canggih seperti ini, mungkin banyak orang yang sudah mahir mengoperasikan aplikasi dan fitur-fitur yang ada didalamnya.

Tapi tidak sedikit juga yang belum terbiasa dalam memanfaatkan semua kemudahan yang teknologi berikan.

Seperti fitur berbagi lokasi yang ada di Whatsapp ataupun Telegram. Mungkin sebagian dari kamu jika sedang membuat janji temu, sering kali "menunggu" hal yang tidak pasti.

Padahal dengan fitur berbagi lokasi ini kita bisa mendeteksi keberadaan orang yang sedang janjian dengan kita, dia sudah benar-benar jalan atau masih berada di alam bawah sadar. щ(゜ロ゜щ)

"Iya, aku otw nih".
Padahal ya masih kucek-kucek mata, mengumpulkan nyawa untuk bangkit dari peraduan.

Kata-kata "OTW" saat ini pun memiliki banyak akronim. Ada yang bilang "Oke Tunggu Wae", "Oke tungguan weh", lho bedanya apa? (≧▽≦) 
Selain digunakan untuk janji temu, fitur berbagi lokasi ini sering saya gunakan untuk menunggu kepulangan sang suami. Eaaak~

Bukan untuk menaruh curiga atau apapun itu, tapi lebih kepada memantau keselamatannya selama di perjalanan pulang ke rumah.

Berhubung jarak rumah dan tempat kerja yang lumayan jauh, dan pengguna jalanan yang aduhai bikin ngeri-ngeri sedap, pun kadang melewati jalanan sepi. Nah, untuk mengurangi rasa gelisah biasanya saya mengingatkan untuk berbagi lokasi supaya bisa mendeteksi sudah sampai mana?

Apalagi kalau belum sampai-sampai rumah, pasti khawatir kan? Kalau kita telfon takutnya mengganggu perjalanan pulang. Untuk itu kerap kali saya menggunakan fitur berbagi lokasi ini.

Gimana sih  cara berbagi lokasi supaya keberadaan kita diketahui orang lain?

Cara Berbagi Lokasi Terkini

Pertama buka aplikasi Whatsapp ataupun Telegram, kemudian di sebelah kotak teks terdapat menu lampiran 📎 seperti gambar di atas.

Kedua akan muncul banyak pilihan menu lampiran, pilih menu lokasi .

Ketiga pilih Berbagi lokasi terkini.

Keempat pilih durasi, ada tiga pilihan durasi berbagi lokasinya.  15 menit, 1 jam, 8 jam. 
Tinggal pilih saja sesuai kebutuhan. Semisal jarak tempuhnya jauh kira-kira memakan waktu hampir 1 jam, ya pilih saja yang 1 jam.

Kelima jika kita yang dikirimi lokasi, tinggal klik saja Lihat lokasi terkini. Lalu kita pantau melalui peta.

(Gambar di atas adalah cara berbagi lokasi di Whatsapp, namun tidak jauh berbeda dengan di Telegram ya.)

Dari peta tersebut kita juga bisa mengatur untuk melihat kepadatan lalu lintas yang sedang di lewati. Jadi jika orang yang membuat janji temu terlambat datang, bisa kita simpulkan sendiri kenapa orang tersebut terlambat.

Tidak ada lagi kata "Oke tunggu wae", kalau sudah membuat janji, tinggal kita minta kesediaannya untuk membagikan lokasi terkini. Orang itu benar-benar sudah jalan atau belum, bisa kita pantau melalui aplikasi WhatsApp ataupun Telegram.

Oiya selain itu, jika kita janjian di tempat yang orang tersebut belum pernah kesana sama sekali, kita juga bisa tahu lho dia nyasar atau tidak.

Jadi tidak melulu membuat kita berpikiran negatif kan?

Berpikir negatif itu melelahkan, nah supaya meminimalisir pikiran negatif, kita bisa menggunakan kecanggihan teknologi saat ini.

Terima kasih sudah mampir dan membaca, semoga bermanfaat (づ ̄ ³ ̄)づ

Post a Comment

0 Comments