Tips Jualan Di Marketplace Facebook

Pada tulisan sebelumnya saya sedikit membahas tentang Jualan di Marketplace Facebook. Barang-barang yang saya jual adalah barang yang sudah tidak saya gunakan atau bahkan rusak.

Sebagian besar barang yang saya jual adalah barang-barang elektronik. Misal handphone, performanya masih bagus, namun sudah tidak mendukung untuk mendampingi aktifitas saya. Jika saya jual di counter mungkin harganya akan sangat jatuh, karna barang elektronik yang satu ini perkembangannya sangat cepat, sehingga rentan 6 bulan saja dengan harga yang sama bisa mendapatkan HP baru dengan spesifikasi yang lebih tinggi.

Saat pertama kali saya menawarkan Handphone, tidak sampai 1 jam sudah banyak yang menghubungi untuk meminang. Tidak hanya dipinang, tapi juga sepakat untuk melakukan transaksi jual beli di hari yang sama. Semudah kita menjual di counter biasa, tapi harganya bisa kita kontrol sendiri.

TIPS JUALAN DI MARKETPLACE FACEBOOK

👉🏽 Survei Harga
Sebelum menerbitkan produk dagangan kita, sebaiknya lakukan survei terlebih dahulu. Survei bisa dilakukan di mesin pencari atau diberbagai marketplace.

Kumpulkan juga data tentang produk yang kita tawarkan. Agar saat membuat deskripsi, kita bisa memberikan informasi yang jelas.

👉🏽 Cek Kondisi Produk
Sebelum kita jual, pastikan anda sudah mengecek semua kondisi produk anda ya. Misal anda akan menjual Handphone, apakah performanya masih bagus? Adakah yang lecet? Apa saja kelengkapannya?

Begitu juga dengan menjual laptop yang sudah mati total.

Emang masih laku?
Tentu masih dong!

Biasanya yang membeli laptop rusak ini adalah orang-orang servis laptop, atau orang yang membutuhkan sebagian komponen yang ada di dalam laptop tersebut.

Walaupun kondisinya sudah mati, kita juga harus tahu penyebab matinya apa? Apakah LCD-nya masih berfungsi? RAM-nya masih bagus? Dll.

👉🏽 Foto Produk
Saat ingin membeli sebuah barang, tentu kita melihat produknya dulu dong. Nah! Sama halnya saat kita akan menjual produk, kita harus mengambil foto sedetail mungkin guna meyakinkan pembeli.

Misal saat kita menjual Handphone, selain foto HP, kita juga foto kelengkapan yang lain, seperti box, charger, dll.

👉🏽 Watermark/Tanda Air
Sebelum kita post foto produk, sebaiknya diberi watermak ya, hal ini untuk menghindari foto produk kita disalahgunakan. Seperti akhir-akhir ini, ada modus penipuan dengan mengambil foto produk orang lain.

Hal ini juga jangan kita lakukan ya, sebisa mungkin gunakan foto real produk kita, agar tidak merugikan pihak manapun.

👉🏽 Deskripsi Produk
Jika semua langkah diatas sudah dilakukan saatnya kita membuat deskripsi produk.

Saat membuat deskripsi produk, jadikan diri kita sebagai orang yang akan membeli produk tersebut. Jika kita melihat sebuah produk deskripsinya terlalu singkat, tidak menggambarkan tentang produk tersebut, bahkan harga tidak dicantumkan, apakah kita akan berminat untuk membeli?

Mungkin berminat, tapi akan membutuhkan waktu yang cukup lama. Karna pertama kita akan menanyakan dulu apakah produk masih ada? Harganya berapa? Lokasi dimana? Dll.

Nah sering kali, saat saya ingin membeli sebuah produk, sangat ingin malah! Tapi penjual tidak memberikan informasi harga, terpaksa tanya dong, namun saat harga itu tidak sesuai atau terlalu mahal, maka saya akan meninggalkan si penjual.

Lain halnya jika informasi tersebut diberikan dengan sangat detail, maka saya hanya akan bertanya, "apakah barangnya masih ada? Jika masih saya berminat". "Apakah Harganya masih bisa turun?"

Maka, tidak lama akan terjadi kesepakatan.
Untuk mengisi deskripsi, minimal kamu mencantumkan harga, lokasi, kontak yang bisa di hubungi (agar fast respon), beri keterangan harga tersebut nego/nett, jelaskan secara rinci kondisi produk anda.

Hal ini tidak hanya produk elektronik ya, bisa juga menjual tanaman, makanan, otomotif dll. Semuanya sama, jelaskan secara rinci.

Kalau semua tahap sudah dilakukan, tinggal di unggah dan tunggu kurang lebih 10 menit, produk akan di tinjau oleh tim Facebook. Setelah berhasil di tinjau, biasanya 30 menit produk kita sudah muncul di beranda marketplace orang lain. Tinggal tunggu di hubungi deh.

Sekian tips kali ini, semoga bermanfaat ya.. Jangan takut mencoba berjualan di marketplace ☺️


Post a Comment

0 Comments