Jepretan Kamera HP Kentang Jadi Dollar


Akhir-akhir ini saya sering menggunggah di status media sosial tentang hasil jepretan saya yang bisa menghasilkan dollar.

Tidak sedikit yang bertanya tentang hal ini, untuk itu saya coba tuliskan disini. Seperti biasa, daripada harus menjelaskan satu per satu lebih baik saya tulis di blog ini. 😅

Status yang saya unggah di media sosial tersebut adalah tentang microstock. 

Microstock merupakan sebuah platform online bagi pelaku industri kreatif untuk memasarkan hasil karyanya secara luas yang bisa dijangkau oleh semua orang, di belahan dunia manapun yang terhubung dengan internet.

Jadi buat kamu yang suka motret, memiliki kemampuan dibidang videografi, atau suka menggambar dan menuangkannya dalam bentuk vektor atau sejenisnya, bahkan buat kamu yang suka membuat instrumen musik juga bisa di unggah di microstock lho.

Agen microstock ini juga banyak, jika diibaratkan market place misal ada shopee, lazada, bukalapak, tokopedia, dll. Nah, microstock ini juga memiliki banyak agensi. Ada shutterstock, istock, 123rf, adobestock, dan masih banyak yang lain.

Untuk saya sendiri hanya fokus di satu agensi yaitu shutterstock. Buat kamu mungkin agen satu ini juga tidak asing. Karena jika kita mencari gambar di mesin pencari, sering kali kita menemukan gambar yang memilik watermark shutterstock. Bahkan kadang ada juga instansi yang membuat banner menggunakan gambar dari shutterstock tapi tidak beli, sehingga masih ada watermark-nya. 😂

Karena saya hanya fokus di shutterstock jadi nanti yang akan saya bahas tentang cara mendaftar di shutterstock ya. Untuk tutorialnya bisa kunjungi laman ini.

Shutterstock ini ada dua aplikasi yang tersedia di playstore, yang satu adalah aplikasi untuk pembeli, dan satu lagi adalah aplikasi untuk penjual yang disebut juga sebagai kontributor.

Saran saya sebelum terjun menjadi kontributor, alangkah lebih baiknya kamu mencari banyak informasi dengan cara bergabung di forum (bisa di grup fb atau grup telegram). Atau bisa juga mencari tutorialnya di youtube.

Kerap kali saya menemukan pertanyaan yang sama dari orang-orang yang baru bergabung di forum, sebaiknya sebelum bertanya biasakan menggulir postingan terdahulu agar tidak menanyakan hal serupa.

Tentu saja ini akan membuat risih warga grup yang sudah lama ada disana. Kalaupun ada aturan yang terbaru pasti orang-orang yang ada di grup akan lebih dulu update. Jadi sebisa mungkin jangan menanyakan hal-hal dasar ya, karena sudah pasti pernah ditanyakan oleh member yang lain. Jangan malas untuk menggulir isi grup.

Ini juga salah satu pertanyaan yang sering dilontarkan oleh orang awam ataupun kontributor baru.

Sistem yang digunakan di microstock ini adalah sistem royalti. Jadi, yang didapatkan dari hasil penjualan setiap hasil karya kita pun berbeda-beda. Aturan dan royalti di setiap agensi juga berbeda-beda.

Untuk di shutterstock sendiri, bagi yang baru level 1, setiap foto yang terjual kita akan mendapatkan royalti sebesar 0,1$.
What?!
0,1$ buat apaan? Murah banget!

Iya murah banget kalau foto yang terjual hanya 1. Tetapi di microstock ini foto yang sudah kita unggah bisa diunduh berulang kali lho. Jadi bayangkan jika 1 foto kita bisa di unduh sampai 1000x tinggal dikalikan saja ya.

Sejauh ini, royalti yang saya dapatkan tidak selalu 0,1$ meskipun saya baru level 1. Saya pernah juga mendapat 0.38$ untuk 1 foto. Royalti yang kita dapatkan juga tergantung dengan jenis-jenis pembeli yang ada di shutterstock, apakah dia member atau bukan.

Kalau baru bergabung sebaiknya jangan berangan-angan terlalu tinggi mengenai earning. Perbaiki kualtias dan kuantitas maka penghasilan akan mengikuti dengan sendirinya.

Seperti saat awal saya bergabung, sering mendapatkan penolakan dan membuat saya terpuruk. Saat sudah berhasil disetujui dan muncul di mesin pencari, tetap saja merasa rendah diri karena foto yang bersanding adalah foto-foto profesional. Apalah daya yang hanya menggunakan kamera HP.

Tapi tenang saja, sejauh ini foto-foto saya yang hanya menggunakan HP itu Alhamdulillah setiap bulannya pasti ada yang membeli. Karna kuantitas saya juga masih sedikit, jadi saya tidak mengharap penghasilan saya selangit. Jika saya belum bisa memanennya saat ini, mungkin saja kelak bisa saya jadikan sebagai investasi.

Tidak ada kata terlambat untuk belajar dan bergabung di agensi microstock. Buat yang mau tanya-tanya boleh silahkan tulis di kolom komentar atau japri di kontak saya.

Sekian dulu artikel kali ini, pasti bosen juga kan baca panjang-panjang 😂
Semoga bermanfaat ya...

Post a Comment

0 Comments