Bayar Pajak Motor Tahunan Di Samsat Gunung Kidul Ga Pake Ribet!

Sudah menjadi kewajiban bagi pemilik kendaraan bermotor untuk membayar pajak disetiap tahunya. Meskipun begitu, tidak jarang kita lupa apa saja syarat-syarat yang harus dibawa untuk membayar pajak tersebut. Berhubung saya sering banget kelupaan tata cara bayar pajak, dan hal ini sudah mau saya tulis tahun lalu tapi lupa terus akhirnya baru deh sempet nulisnya sekarang.

Walaupun saat ini pembayaran juga bisa dilakukan secara online, namun bayar pajak secara langsung di Samsat ngga ribet lho. Bahkan tidak sampai setengah jam semua urusan sudah kelar. Berikut akan saya ulas tata cara bayar pajak di Samsat Gunung Kidul.

Saya biasanya membawa STNK, KTP, BPKB ke fotocopy-an didepan samsat, biasanya orang fotocopy-an mengcopy-kan berkas yang dibutuhkan dan sudah di klip sesuai persyaratan

Syarat Yang Wajib Dibawa
  • STNK (Asli)
  • KTP (Asli)
  • BPKB (Fotocopy)
  • KTP (Fotocopy)
  • STNK (Fotocopy)
Saya biasanya membawa STNK, KTP, BPKB ke fotocopy-an didepan samsat, biasanya orang fotocopy-an mengcopy-kan berkas yang dibutuhkan dan sudah di klip sesuai persyaratan. BPKB asli disimpan, sedang semua persyaratan yang sudah diklip tadi dibawa ke samsat.


Berdasarkan pengalaman tahun lalu saya kira sabtu itu libur, sedangkan tanggal terakhir bayar pajak jatuh hari sabtu

Waktu Pelayanan Samsat Gunung Kidul
  • Senin-Kamis Pukul 08.00-13.00 WIB
  • Jumat-Sabtu Pukul 08.00-11.00 WIB

Berdasarkan pengalaman tahun lalu saya kira sabtu itu libur, sedangkan tanggal terakhir bayar pajak jatuh hari sabtu. Akhirnya molor bayar dihari senin dan alhamdulillah kena denda :)) Ingat juga jam bukanya ya, jangan sampai terlewat :D



1. Menuju Loket:1 Pendaftaran & Penetapan

Setelah masuk ke ruangan bayar pajak langsung menuju loket satu ada disisi kiri. Berkas yang sudah diklip di fotocopy-an tadi dan jangan lupa selipkan juga KTP asli, letakkan ditempat yang sudah disediakan. Tunggu beberapa saat sampai nama kita dipanggil untuk mendapatkan nomer antrian. Tenang, ini tidak akan memakan waktu lama, sediakan indra dengar kita agar petugas tidak memanggil nama kita berulang kali.


2. Menuju Loket:2 Pembayaran, Pengesahan, Dan Penyerahan

Setelah mendapat nomer antrian, saya sarankan untuk pindah ke area loket 2. Hal ini agar kita mudah mendengar ketika nama kita dipanggil. Siapkan sejumlah uang seperti yang tertera di STNK, dan tunggu beberapa saat sampai nama kita dipanggil.
Setelah dipanggil dan membayar sejumlah uang, kembali ketempat duduk dan tunggu nama kita dipanggil lagi untuk mengambil STNK.


Daaaan, selesaaaaiiii! yap, cepat dan mudah banget kaaan bayar pajak tahunan sendiri ke samsat? Ngga perlu pake calo atau sejenisnya. Pengen nyoba bayar pajak secara online sih, tapi kapan  ya? Tahun depan sudah bayar pajak 5 tahunan, beli motor baru kali ya biar bisa nyoba bayar pajak online? Wkwkwk

Semoga info diatas bermanfaat ya gaes, akan diperbaiki kalau ada perubahan cara membayar pajak. Terimakasih sampun mampir :)

Post a Comment

0 Comments