Pesona Embung Nglanggeran Gunung Kidul


Embung Nglanggeran - Wisata Gunung Kidul - Wisata Yogyakarta - Berbicara mengenai pesona Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta memang tidak ada habisnya. Meskipun provinsi ini tidak terlalu luas namun untuk menikmati keindahannya tidak cukup hanya dengan waktu satu minggu. Bahkan saya yang sudah bertahun-tahun di kota ini pun tidak pernah puas menikmati keindahannya.


Salah satu tempat wisata yang beberapa kali saya kunjungi adalah Embung Nglanggeran. Embung ini berada di Dusun Nglanggeran Wetan, Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, DIY.  Wisata Embung Nglanggeran ini masih satu kawasan dengan Gunung Api Purba, nah jika sobat berminat untuk mengunjungi Embung Nglanggeran sekaligus juga bisa ke Gunung Api Purba.


Embung atau telaga ini merupakan tempat penampungan air yang di buat oleh masyarakat dan pokdarwis gunung nglanggeran bersama pemerintah setempat. Tujuan di buatnya embung ini untuk mengairi kebun buah yang ada disekitar embung tersebut. Saya kesana tahun 2014 disekitar embung banyak ditanami buah durian, berhubung sudah lama sekali tidak berkunjung kesana saya tidak tau duriannya sudah berbuah atau belum :D (yakalik.. dikira nanem durian kayak nanem singkong, ngga sampe setahun bisa panen..hahaha..)


Karena beberapa kali setiap kesini selalu siang hari, dan cuacanya sangat terik kayaknya enak juga kalo nyebur kedalam embung. Eitz.. tapi pengunjung tidak diperbolehkan untuk nyemplung ke embung sobat. Meskipun begitu kita masih bisa ngadem dibawah pepohonan sekitar lokasi embung, sambil melihat pemandangan Gunung Api Purba, atau melihat indahnya Kabupaten Gunung Kidul. Berhubung saya buta arah, jadi tidak paham letak mata angin Gunung api purba ini berada di utara/selatan/barat/timur dari embung ini, yang jelas kemanapun mata memandang sobat bisa menikmati betapa indah alam ciptaan Tuhan.


Untuk menghindari aksi vandalisme dari pengunjung ada kata-kata yang menggelitik di salah satu pohon disekitara embung. Karena foto ini diambil di tahun 2014 saya tidak tau kata-kata ini masih ada atau tidak.
Sudah jamannya Android... Update status kok di batu, gardu..?!
*perhatikan tulisannya jangan salah fokus ya.. :))


Untuk menuju Embung Nglanggeran tidak ada transportasi umum yang menghantarkan sampai ke lokasi. Sobat bisa mengikuti plang (petunjuk jalan) ke arah Gunung Api Purba, dan kendaraannya sendiri bisa sewa motor atau mobil.


Bukan Jogja kalau membiarkan tempat wisatanya monoton begitu saja, yang ada difoto ini mungkin tidak lagi sobat temui saat ini jika berkunjung kesana. Dari beberapa updatean info jogja yang saya ikuti di media sosial, pastinya saat ini Embung Nglanggeran menambahkan spot spot baru untuk berfoto/selfi. Jadi pengen kesini lagi, yuk kita kapan kemon? :D

Post a Comment

0 Comments