Dolan Ke Makam Raja-Raja Imogiri, Bantul Yogyakarta


Ke Mangunan sih sering, tapi kalau ke Makam Raja-raja Imogiri baru kali ini. Seru sih.. Apalagi dikerjain sama temen yang gagal move on wkwkwk.. kenapa gagal move on? Ya karna tujuan kesini cuma nemenin dia menapaki kenangan bersama mantannya. Katanya dulu setiap akhir pekan sering kesini, sekedar joging atau jalan-jalan biasa. Sering diceritain juga tentang keberadaan seribu anak tangga, tapi baru sempet berkunjung kesini kira-kira setahun yang lalu.

Dari tempat parkir menuju daerah dekat masjid melewati pemukiman sudah disuguhkan dengan anak tangga yang berjumlah 32 anak tangga. Jumlah anak tangga ini melambangkan bahwa Makam Imogiri dibangun pada tahun 1632. Anak tangga dari daerah dekat masjid menuju pekarangan masjid berjumlah 13 anak tangga. Jumlah ini melambangkan bahwa Sultan Agung diangkat sebagai Raja mataram pada tahun 1613 (kata sumber).


Saya kira ni ya, seribu anak tangga itu yang sudah saya lewati barusan. Ternyata itu belum ada apa-apanya. Begitu melihat ada masjid, sambil cengar-cengir teman saya menunjuk ke arah seribu anak tangga, "nah itu tu tangga yang bakal kita lewati". **cuma bisa nelen ludah. Secara saya paling anti untuk menapaki anak tangga, napas suka ga bisa di ajak kompromi alias mendadak bengek wkwkwk.

Seribu tangga? seriuss? sebenarnya anak tangga disini hanya berjumlah 409, tapi karena setiap pengunjung yang datang kesini selalu berbeda-beda menghitung jumlah anak tangga, jadi mungkin gampangnya aja dinamain seribu anak tangga. 

Tidak setiap hari para peziarah dapat masuk kemakam Imogiri ini. Ada jadwal atau hari-hari tertentu jika anda ingin berziarah.
  • Hari Jumat mulai pukul 10.00-13.00 WIB
  • Hari Senin mulai pukul 10.00-13.00 WiB
  • Hari Minggu mulai pukul 10.00-13.00 WIB
  • Tanggal 1 dan 8 bulan syawal mulai pukul 10.00-13.00 WIB
  • Tanggal 10 bulan besar mulai pukul 10.00-13.00 WIB
Namun hari-hari lain anda masih bisa jalan-jalan kesini (diluar gerbang makam raja), mungkin sekedar menghitung anak tangga atau mencari kesegaran udara dan kesejukan area makam raja-raja?


Yap.. Tempatnya sejuk abisss, jauh dari polusi udara. Pohon-pohon yang ada disini juga dilindungi, bahkan konon usia pohon disini ada yang sampai ratusan tahun lho. Tidak heran jika anda berkunjung kesini menemukan ketenangan dan kebebasan bernafas, jauh dari kemebulnya asap kendaraan maupun asap rokok, karena disini area dilarang merokok :)

Untuk menuju kompleks makam ini, pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi, ancer-ancernya Terminal Giwangan terus saja keselatan nanti ada petunjuk arah. Gampangnya pake google map deh :D Sedangkan untuk tarif masuk, tidak dikenai harga khusus. Hanya memberikan sumbangan seikhlasnya.

Yuk kapan kita kemon jalan-jalan kesini lagi? sekedar ngitungin anak tangga sampe bener atau ingin berziarah ke Makam para raja?

Post a Comment

0 Comments